Sekilas Info Tentang Budaya Korea ^^

Budaya Korea

Orang-orang Korea biasa memberikan salam saat perkenalan, sebelum makan, sesudah makan, ketika berpamitan, ketika tidur, dll., dengan cara menganggukkan kepaladan sedikit membungkukkan badan. Kepala ditundukkan sekitar 30 – 60 derajat selama 2 hingga 3 detik. Ini dilakukan ketika menyampaikan salam hormat kepada orang yang lebih tua atau dituakan. Semakin dalam kita menundukkan kepala, berarti salam yang kita sampaikan semakin hormat. Ungkapan maaf juga biasanya disertai dengan gerakan menundukkan kepala.
Dalam kehidupan sehari-hari, berjabat tangan juga lazim dilakukan. Biasanya orang yang lebih tua atau posisinya lebih tinggi akan mengajak berjabat tangan terlebih dahulu. Berjabat tangan juga biasanya dipakai oleh pria sebagai ungkapan salam.
Ketika pertama kali berkenalan biasanya memberikan salam dilanjutkan dengan memperkenalkan diri. Tidak dianjurkan untuk menanyakan umur ketika pertama kali bertemu, karena akan dianggap kurang sopan. Biasakan untuk memberikan tambahan panggilan “ssi”, yang artinya saudara/saudari agar terdengar lebih sopan. Demikian juga kepada orang yang lebih tua, Anda dapat menggunakan panggilan “seonsaengnim” yang artinya guru.
Di korea suka diadakan pesta selamatan rumah baru, baik oleh orang yang baru pindah atau bagi pasangan yang baru menikah, yang dinamakan “jibdeuri”. Mereka mengundang teman-teman dekat, saudara, dan sejumlah tetangga ke rumah baru tersebut untuk merayakannya atau hanya sekedar pesta biasa. Para tamu biasanya membawa tisu toilet, sabun deterjen, atau korek api. Alasannya:
  • Tisu toilet melambangkan bahwa segala sesuatu akan berjalan mulus seperti tisu toilet yang larut dalam air.
  • Sabun deterjen melambangkan harapan agar tuan rumah dilimpahkan uang sebanyak busa tersebut.
  • Korek api melambangkan harapan agar tuan rumah cepat kaya seperti nyalanya api.
Biasanya orang korea akan berkata jujur dan terbuka dalam mengungkapkan perasaannya. Ketika dia merasa “tidak suka”, ia akan berterus terang mengatakan “tidak suka”.

Sumber: Buku Bahasa Korea karangan Dewi dan Sani.

Comments

Popular posts from this blog

NEW FAMILY - GEMBELLERZZZ 17 ++

[SINOPSIS] ONE MISSED CALL [FINAL]

SM*SH, Boyband Versi Indonesia